Jumat, 22 November 2013

Pendidikan Menghadapi Globalisasi


Era globalisasi yang  telah kita hadapi sebagai sebuah fakta tidak bisa diingkari. Semakin majunya zaman semakin canggih pula ilmu tekhnologi yang semakin hari semakin berkembang pesat. Pengetahuan dan tekhnologi menjadi hal yang terdepan yang harus diprioritaskan dalam era globalisasi ini. Langkah yang diambil oleh bangsa Indonesia untuk menghadapi globalisasi ini bisa melalui kader-kader terbaik bangsa ke negara-negara maju untuk menyerap pengetahuan dan tekhnologi.

Setelah itu menggalakakkan penelitian dan pengembangan  di semua lembaga dan bidang untuk menghasilkan temuan-temuan baru yang orisinal dan spektakuler. Ataupun memperkokoh karakter bangsa. Mengapa harus diperkokoh? Karena globalisasi ini tidak hanya membawa dampak positif tapi juga negatif. Globalisasi sudah menembus semua penjuru dunia bahkan sampai daerah terpencil sekalipun, masuk ke rumah-rumah, membombardir pertahanan moral dan agama.

Betapa pentingnya pendidikan karakter digalakkan dengan sangat marak, agar lahir kesadaran bersama untuk membangun karakter generasi muda bangsa yang kokoh. Lembaga pendidikan menjadi sebuah pionir kesadaran pendidikan karakter. Karakter merupakan aspek yang penting untuk kesuksesan manusia di masa depan. Karakter yang kuat akan membentuk mental yang kuat. Sedangkan mental yang kuat akan melahirkan spirit yang kuat karena bersifat pantang menyerah, berani mengarungi proses panjang, serta menerjang arus badai yang bergelombang dan berbahaya.

Seperti halnya di negara lain seperti Ameika Serikat, Jepang, China dan Korea, mereka menerapkan pendidikan karakter. Dan menurut penelitian bahwa implimentasi pendidikan karakter yang tersusun secara sistematis berdampak positif pada pencapaian akademis. Namun ada juga beberapa tantangan seperti pengaruh negatif dari televisi, pergaulan bebas, dampak buruk internet, dampak negatif tempat karauke. Seperti dalam Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter Di Sekolah karangan Jamal Ma’mur Asmani, penulis sangat cerdas menulis panduan-panduan untuk generasi bangsa.

Betapa banyak hal yang terdapat dalam buku ini. Semuanya sangat bermanfaat untuk menghadapi era globalisasi ini. Panduan yang cerdas untuk mendidik anak-anak. Dalam buku ini terdapat hal-hal seputar pendidikan karakter yang bagus, dengan membaca tips-tips yang efektif implementasi pendidikan karakter di sekolah semoga dapat bermanfaat untuk anak-anak didik kita semua.

Sumber: Lazuardi Birru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar