Rabu, 20 November 2013

Mengerti Untuk Melewati Masa Sulit


Sebagai orang tua selalu menginginkan anaknya untuk menjadi anak yang sukses. Sehingga tanpa disadari banyak orang tua yang salah mendidik anak-anaknya. Kebanyakan orang tua selalu over protectif dalam mendidik anak-anaknya. Padahal mendidik anak seharus nya bukan dengan cara otoriter namun harus mengerti dengan keaadaan anaknya. Apalagi anak remaja. Anak remaja sifatnya masih sangat labil. Di mana masa itu mereka hanya ingin dimengerti dan tak ingin dikekang. Mereka ingin merasa bebas dan tak ingin diatur apa kemauannya. Untuk menyiasatinya kita harus dekati mereka bukan memarahinya. Karena semakin dimarahin maka meraka akan merasa duinianya menjadi tak indah. Makanya itu sering kali banyak anak remaja yang merasa sangat terpuruk dan mengikuti hal yang tak seharusnya diikuti.

Terkadang maksud orang tua itu sangat baik agar tidak terjerumus kepada hal-hal yang tak diinginkan. Namun anak remaja tak ingin mereka dianggap masih anak-anak. Walau memang terkadang masih banyak anak remaja yang bersikap seperti kekanak-kanakan. Kalau sudah begini terkadang orang tua merasa serba salah untuk menghadapinya. Agar mereka dapat terdidik dengan baik sebaiknya diberikan pembinaan yang harus ditempuh oleh keluarga agar mampu menjalankan perannya dalam mengawal setiap remaja  dari rayuan syahwat dan kehinaan. Misalnya, pembinaan iman sejak dini, pendidikan aqidah, pendidikan agama, pendidikan akhlak. Dengan adanya pendidikan agama yang diajarkan sejak dini mungkin anak-anak akan tumbuh menjadi anak yang baik. Karena sudah terbiasa sejak kecil dididik untuk berkelakuan baik.

Seperti halnya di dalam buku karangan Adil Fathi Abdullah dengan judul “Sukses Melewati Masa Sulit” mengatakan banyak orang tua yang mendidik anak-anaknya hanya dengan cara menitipkan anaknya kepada pengasuh pribadi bisa dikatakan kepada baby sister. Anak yang dibawah pengawasan baby sister sulit untuk terkontrol sifatnya. Karena anak yang dijaga dengan baby sister akan menjadi nakal. Mereka merasa kurang perhatian dari orang tuanya sehingga untuk melengkapi rasa kasih sayang itu mereka mencari di luar. Di situlah awal mereka menjadi remaja yang nakal.
Buku ini sangat bagus untuk dibaca. Karena nasehat yang terdapat di buku ini sangat bermoral. Baik untuk remaja maupun orang tua agar terhindar dari hal yang tak diinginkan.

Sumber: Lazuardi Birru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar