Selasa, 03 September 2013

Apa yang dimaksud dengan azab dalam Islam?

Ustadz Menjawab




Yang dimaksud dengan azab adalah siksa Allah yang diturunkan kepada mereka (manusia) yang enggan untuk beriman kepada Allah serta mengkufuri segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT kepada mereka.

Allah berfirman, “Dan sesungguhnya Kami telah membinasakan (memberikan azab) umat-umat sebelum kamu, ketika mereka berbuat kezaliman, padahal rasul-rasul mereka telah datang kepada mereka dengan membawa keterangan-keterangan yang nyata, tetapi mereka sekali-kali tidak hendak beriman. Demikianlah Kami memberi pembalasan kepada orang-orang yang berbuat dosa. Kemudian Kami jadikan kamu pengganti-pengganti (mereka) di muka bumi sesudah mereka, supaya Kami memperhatikan bagaimana kamu berbuat” (QS. Yunus: 13-14).

Adapun contoh-contoh azab yang telah Allah turunkan misalnya azab Allah terhadap Kaum Tsamud karena menentang ajaran Nabi Shalih AS. Allah mengazab mereka dengan gempa dan petir yang akhirnya menghancurkan peradaban mereka. Allah berfirman, “Karena itu mereka ditimpa gempa, maka jadilah mereka mayat-mayat yang bergelimpangan di tempat tinggal mereka” (QS. Al-A’raf: 78).

Pada ayat yang lain, Allah berfirman, “Dan adapun Kaum Tsamud, mereka telah Kami beri petunjuk tetapi mereka lebih menyukai kebutaan (kesesatan) daripada petunjuk itu, maka mereka disambar petir azab yang menghinakan disebabkan apa yang telah mereka kerjakan” (QS. Fushilat: 17).

Sumber: LAzuardi Birru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar