Senin, 06 Mei 2013

Bagaimana cara menghadapi kehidupan yang penuh dengan cobaan? Jelaskan?


Ustadz Menjawab
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Sobat Birru yang hebat,
Cobaan merupakan hal yang tak akan pernah lepas dalam kehidupan kita. Dalam Alquran Allah sudah menjelaskan bahwa setiap kita akan diuji dengan berbagai kondisi. Kita bisa dicoba dengan kekurangan harta, fisik, atau cobaan lainnya. Berangkat dari pernyataan tersebut, maka dalam menghadapi cobaan hidup ini kita perlu:

  1. Mencipatkan mindset berfikir guna membangun kesadaran awal. Kesadaran bahwa cobaan hidup adalah suatu hal yang selalu menyertai kehidupan manusia. Apa artinya hidup seorang manusia jika tidak ada cobaan atau ujian dari Allah SWT. Sesungguhnya manusia yang tidak mengalami cobaan hanyalah manusia yang sudah tidak bernyawa. Dengan menciptakan pola pikir semacam ini, insya Allah kita akan lebih siap dengan berbagai cobaan hidup yang sedang dan akan kita hadapi.
  2. Berdoalah secara terus menerus. Dengan banyak memohon kepada Sang Pemilik cobaan itu sendiri, akan banyak membantu kita dalam mengahadapi cobaan, dengan selalu diiringi rasa optimisme dalam menghadapi cobaan.
  3. Banyak belajar dari lingkungan dan orang lain, terutama kepada yang lebih tua dari kita. Dengan mengambil pengalaman orang lain, terutama bagi mereka yang telah lama mengahadapi cobaan hidup, akan membawa kita pada langkah tepat dalam menghadapi hidup. Tidak salah jika kita mau mendengar nasihat orang lain sebagai pijakan dalam mengambil tindakan, terutama nasihat dari orangtua dan guru.
Sobat Birru yang hebat, teriring doa dari kami semoga Allah memberi kita kekuatan dan kemudahan kita dalam menghadapi cobaan hidup. Amin.

Sumber:Lazuardi Birru
 

1 komentar:

  1. http://www.arrefahiyah.or.id/bertahan-dalam-dunia-yang-penuh-kerusakan/

    BalasHapus