Kamis, 02 Mei 2013

Adu Domba

Adu Domba
 
Adu domba atau sering disebut dengan namimah yaitu sering digunakan untuk menceritakan orang lain kepada yang sedang diajak bicara dengan tujuan untuk mengadu domba. Mengadu domba tak hanya pada perkataan saja tetapi membuka suatu yang tidak disukai apabila terbuka, baik disukai maupun yang tidak disukai. Sering kali orang lain melakukan adu domba yang tak memikirkan akibatnya. Adu domba hanya akan merugikan diri sendiri dan orang lain.
Biasanya rasa iri lah yang membuat seseorang untuk melakukan adu domba. Banyak orang melakukan adu domba hanya untuk kepentingan diri sendiri. Padahal kemudharatan bagi pengadu domba sangat lah besar. Misalnya saja, orang yang mengadu domba itu tidak akan masuk surga karena perbuatannya itu dapat merusak persaudaraan, persahabatan, ketentraman dan kedamaian. Setelah itu mengadu domba itu adalah perbuatan yang sangat dibenci oleh Allah.
Pengadu domba juga termasuk orang yang paling buruk perangainya karena ia berjalan ke sana kemari hanya untuk merusak hubungan di antara manusia atau selalu mencari aib orang lain untuk disebar ke sana ke mari. Pengadu domba pun dapat menghalangi datangnya rahmat. Keberadaan orang-orang yang mengadu domba mengahalangi rahmat yaitu turunnya hujan kepada masyarakat setempat. Ini merupakan bukti bahwa pengadu domba sangat dibenci oleh Allah.
Untuk menghindari dari sifat mengadu domba obatnya yaitu diam. Dan memperbanyak melakukan dzikir agar selalu mengingat kepada Allah Swt. Diam itu adalah ibadah. Dengan diam kita dapat selamat dari lunaknya lidah yang selalu berkata salah namun tanpa kita sadari. Lidah yang tak bertulang sangat mudah mengucapkan hal-hal yang mungkin bisa membuat orang lain terluka. Di dalam buku karangan  Fuad Kauma, dalam judul buku Adu Domba terdapat hal-hal apa saja yang harus dilakukan untuk menghindari adu domba terjadi. Buku ini sangat bagus untuk menghindari kita dari sifat namimah atau sering kita sebut sebagai adu domba.
Buku yang bisa di bawa-bawa kemana. Sangat bagus untuk dibaca oleh semua kalangan. Karena buku ini dapat membantu kita untuk menjauhi sifat yang paling tidka disukai oleh Allah yaitu adu domba.

Sumber:Lazuardi Birru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar